Bagi Anda khususnya pekerja kantoran, mendapatkan suasana rileks adalah suatu kebutuhan.  Bekerja dalam situasi yang kaku dan penuh tekanan lambat laun akan menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Mendapatkan suasana rileks sebenarnya dapat dilakukan kapan dan di mana saja, termasuk di kantor dengan setumpuk pekerjaan.  Bagaimana caranya menyulap suasana kaku dan tertekan menjadi lebih rileks? Berikut beberapa kiatnya:

1.    Buat secangkir teh hangat dengan aroma yang khas, misalnya seduhan bunga chamomile. Ini akan membuat Anda segera merasa rileks.

2.    Duduklah di kursi yang dapat digoyangkan. Banyak orang segera merasa rileks setelah duduk di kursi goyang.

3.    Tarik napas dalam-dalam. Ketika merasa stres, lambatkan pernapasan. Fokuskan pikiran pada setiap helaan saat napas masuk dan keluar dari hidung. Konsentrasikan pikiran hanya pada saat menghirup dan melepaskan napas.

4.    Kerjakan hal lain. Apabila Anda melakukan sesuatu yang membuat khawatir atau gugup, lakukan hal lain terlebih dahulu. Bangkit dari tempat duduk dan berjalan-jalanlah di sekitar kantor. Ganti aktivitas sebentar. Ketika kembali ke kegiatan sebelumnya, Anda sudah merasa segar kembali.

5.    Hal terpenting: buat diri sendiri tersenyum. Pasang gambar lucu di dekat meja kerja dan seringlah memandanginya. Foto keluarga juga bisa menjadi pilihan selain gambar lucu.